Loading...

Ketoprak Japar

Edisi ketagihan ketoprak Jafar Taman Yasmin I, Jl. Wijayakesuma by Ery Novidrian.

Ketoprak, makanan yang asalnya dari Kota Cirebon ini telah menyebarluas di sejumlah tempat di Jawa Barat termasuk Bogor. Salah satu penjual ketoprak yang terkenal di kalangan pecinta kuliner di Bogor adalah Ketoprak Japar. Cabang utamanya berada di Jalan Wijaya Kusuma Raya Sektor II Taman Yasmin. 

Nama Japar, menurut salah satu penjualnya adalah diambil dari nama asli pemiliki usaha tersebut, yang dirintis dan dikelola secara turun-temurun.

Soal sajian dan bahan, ketoprak ini tidak terlalu beda dengan ketoprak lainnya, yaitu menggunakan ketupat, bihun, tauge dan tahu. Bahan-bahan itu disiram dengan  bumbu kacang ala Ketoprak Japar, dan tidak ketinggalan diberi kerupuk sebagai pelengkap.

Rasa bawang putih pada bumbu kacangnya begitu sedap. Demikian juga dengan lontong, tahu, dan bihunnya terasa wangi dan lembut termasuk taugenya yang renyah karena menggunakan bahan segar.

Mengapa Ketoprak Japar begitu populer? Rahasia pertama ternyata adalah bumbu kacang kental yang dibuat dari kacang tanah pilihan. Rahasia yang kedua adalah rasanya yang luar biasa, perpaduan antara rasa gurih dan  pedas. Untuk harganya, seporsi Ketoprak Japar hanya dibandrol dengan harga Rp14.000,- per porsi.  

Kini, Ketoprak Japar sekarang sudah punya delapan cabang, yang mulai buka sejak pukul 07.00 dan tutup pada pukul 16.00. Untuk ukuran kuliner tradisional, termasuk hebat. Banyaknya cabang tersebut menunjukkan bahwa kuliner ini memang sangat disukai.

Gilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per UnitGilingan Daging Stainless Steel Rp110.000 Per Unit
Merek Vipoo, bahan pembuatnya merupakan perpaduan alumunium dan Stainless Steel. Ringan namun kuat dan anti Karat. Untuk menggiling atau menghaluskan: daging, kacang, Ikan, Sayur pasta dan bumbu. Baca selengkapnya...