Loading...

Yuk Makan Pindang Ikan Patin, Segar dan Sedap

Seporsi Pindang Ikan Patin yang Segar berorama rempah dan Daging ikannya lembut berlemak. Rasa asin, manis, asam, dan pedas bercampur dalam satu sendok kuah pindang. Wangi daun kemangi, aroma sereh serta jahe langsung menyeruak dari kuah pindang yang masih panas. - Rachmat

Lokasi: Ayam Goreng Maulagie, Jl. Merdeka No.137, RT.01/RW.07, Menteng, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16111 (Buka: 09.00-21.00)

Pindang ikan patin adalah menu istimewa khas Palembang yang cocok disantap saat musim hujan. Sebenarnya, ada banyak olahan pindang selain patin, ada pindang tulang, pindang ikan baung, pindang gabus, hingga pindang telur ikan. Akan tetapi, olahan pindang ikan patin yang paling spesial karena  tergolong komoditas andalan Palembang.

Aroma dari ikan patin memang lebih amis daripada ikan tawar lainnya, untuk mendapatkan olahan ikan patin yang gurih, pedas, manis, dan bebas bau amis dimulai pada saat memilih bahan bakunya, dengan kriteria sebagai berikut:

  • Ukurannya cukup besar, sisiknya melekat kuat dan mengkilap.
  • Matanya masih jernih (tidak merah apalagi sudah rusak).
  • Teksturnya kenyal dan tidak berlendir.
  • Insangnya berwarna merah cerah.
  • Aromanya walaupun amis tapi masih segar.

Untuk mengolahnya, potong ikan patin menjadi beberapa bagian yaitu kepala, tengah, dan ekor. Bagian tengah biasanya menjadi pilihan utama karena tulangnya sedikit.  Padahal, kepala adalah bagian yang paling top karena mengandung lemak yang gurih. Kepala ikan patin sangat nikmat  diseruput bersama kuah yang masih hangat meskipun bagian dagingnya terbilang sedikit.

 

Ketan Susu Jande Nusantara, Bukan Olahan Ketan Biasa

Beras putih telah menjadi makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal masih banyak jenis beras lainnya, contohnya adalah beras ketan yang bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Salah satunya adalah ketan susu (tansu). Tansu sudah ada sejak dulu sebagai jajanan tradisional yang populer di Kota Malang, Jawa Tumur.