"KETOPRAK" Japar

Citarasa kuliner yang gurih dan wangi berkat bawang putih pada bumbu kacangnya. Lontong, tahu, dan bihunnya begitu lembut ditengah kerenyahan tauge.

Siapa yang tak tahu makanan Ketoprak. Khusus di Jakarta, makanan ini dapat dengan mudah ditemui di kaki lima jalanan Jakarta hingga ke restoran di mal. Jika mendengar kata Ketoprak, kemungkinan besar mengingatkan Anda pada jenis lawakan. Namun, dalam dunia kuliner, ketoprak adalah jenis makanan asli Indonesia.

Tampilan ketoprak mirip dengan pecal yang berkuah kacang. Bedanya, terletak pada bahan yang disajikan. Jika pecal berisi beberapa macam sayuran, ketoprak hanya berisi satu jenis sayuran yaitu taoge.

Selain itu bahan isian ketoprak juga lebih beraneka macam, seperti: soun, tahu, bahkan telur. Pada ketoprak juga diberi taburkan bawang goreng sebagai pewangi dan penyedap.

Meski tergolong makanan yang sangat populer, asal usul makanan ini masih dipertanyakan. Sebagian orang meyakini bahwa ketoprak adalah makanan khas Betawi. Namun ada juga yang menyebut makanan ketoprak berasal dari daerah Cirebon. Ada yang berpendapat juga bahwa ketoprak justru berasal dari Jawa Tengah.

Selain asalnya yang masih misterius, hal unik lain dari makanan ketoprak adalah soal namanya. Ada yang mengatakan bahwa asal muasal nama ketoprak adalah singkatan dari jenis bahan yang digunakan yaitu KEtupat TOge dan digePRAK, jadilah KETOPRAK.

Versi lain konon kabarnya berasal dari seorang pria yang ingin makan. Pada saat ia lapar dan ingin makan, tak ada satupun makanan siap santap yang tersedia. Ia kemudian mengolah beberapa bahan yang ada yaitu ketupat dan toge, dengan sejumlah bumbu seperti: bawang putih, cabai rawit dan beberapa butir kacang, lalu digiling dengan ditambahkan sedikit air.

Dengan bahan-bahan seperti tersebut diatas, Ketoprak memang mengenyangkan dibandingkan Anda membeli makanan cepat saji seperti hamburger atau pizza.

Hasilnya ternyata diluar ekspektasi, aromanya harum dan tampilannya sungguh menggugah selera. Pria itupun mencari ide untuk menamakan hasil olahannya itu. Sambil terus berpikir, piring yang dipegang terjatuh dan bunyi 'ketuprak'. Nah, bunyi piring yang jatuh kemudian menjadi inspirasi nama Ketoprak. Lagi-lagi, belum ada yang memastikan benar tidaknya cerita tersebut.

Hal unik lainnya tentang ketoprak bukan hanya namanya. Melainkan jenis gerobak yang biasa dipakai pedagang. Gerobak pedagang ketoprak mempunyai model yang sama berbentuk seperti perahu. Tak sekadar gerobaknya yang sama, penggunaan dan penyusunan segala perkakas di atas gerobak juga sama. Salah satu dan yang pasti ada adalah panci stainless, kemudian penggorengan di bagian ujung gerobak, kaleng biskuit bekas untuk kerupuk dan cobek kayu.

Ketoprak kerap dijadikan makanan alternatif untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Perbedaan jenis gerobaknya bisa menjadi tanda jenis ketoprak yang ditawarkan yaitu:

Jenis yang pertama, menggunakan gerobak dengan bentuk menyerupai perahu pada bagian depannya. Ketoprak jenis ini umumnya dijual pada pagi hari. Ciri khas ketopraknya adalah bumbu kacang yang sangat kental, dibandingkan dengan jenis ketoprak lainnya. Lontongnya juga berbeda, terasa legit dengan aroma daun pisang sebagai pembungkusnya. Namun ada beberapa penjual dengan alasan kepraktisan menggunakan bahan plastik sebagai pengganti daun pisang.

Jenis ketoprak yang kedua, gerobak yang hampir sama seperti gerobak jenis pertama tadi. Dijual pada siang hari. Pembedanya adalah menggunakan ketupat sebagai pengganti lontong.

Yang Ketiga adalah penjual ketoprak yang menggunakan gerobak kaca seperti penjual siomay namun ukurannya lebih besar. Mereka ini berjualan di malam hari. Dibanding dengan ketoprak yang dijual pada pagi dan siang hari, bumbu kacangnya cenderung lebih cair.

Salah satu penjual ketoprak yang terkenal di kalangan pecinta kuliner terutama anak muda adalah Ketoprak Japar. Cabang utamanya ada di Kota Bogor, tepatnya di  Jalan Wijaya Kusuma Raya Sektor II Taman Yasmin. Sedangkan cabangnya 8 lokasi, diantaranya ada di Jalan Raya Ciomas Nomor 10 atau tepatnya di depan bengkel Yamaha Ciomas, kemudian di Semplak, Ciwaringin dan beberapa tempat lainnya di seantero kota Bogor.

Satu porsi Ketoprak Japar terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, tauge, dan bihun rebus, kemudian disiram dengan  bumbu kacang dengan resep rahasia ala Ketoprak Japar, dan tidak ketinggalan diberi kerupuk sebagai pelengkap.

Nama Japar diambil dari nama perintisnya, kemudian dikelola secara turun temurun sejak tahun 1997. Terlepas dari keberadaanya di duni perkulineran, citarasa ketoprak japar memang luar biasa. Rasa bawang putih pada bumbu kacangnya begitu sedap. Lontong, tahu, dan bihunnya terasa lembut. Sedangkan taugenya selalu renyah dan segar.

 

Info tambahan

Tokoh Dan Kuliner

Penawaran

Serba Serbi Kuliner

FoodMania

  • Peuyeum, Fermented Delicacies for West Java Peuyeum, Fermented Delicacies for West Java
    Peuyeum, Fermented Cassava from West Java - Indonesia has several delicious fermented foods, one of which is peuyeum. It is fermented cassava usually eaten as snacks. Although it is a traditional West Javanese snack, similar food also is known in other parts of Java but it is called Tape.
    Read more...

Pojok Dapur

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

 

Tips dan Trik Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan beberapa tips dan trik mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara pengolahan daging sapi yang sering diabaikan orang?

Baca selengkapnya...

Cari Kuliner Kesukaanmu Disini